PENGERTIAN INFORMASI

Perkembangan teknologi yang semakin maju dijaman sekarang ini membuat kita semakin mudah untuk mendapatkan dan menyebarkan suatu informasi. Informasi yang didapatkan atau disebarkan dapat berupa informasi yang positif maupun negatif. Sebagai pengguna sudah seharusnya kita menyaring mana informasi yang baik untuk kita konsumsi dan mana yang tidak.


Hasil gambar untuk informasi wallpaper
   source : wallpapersFIT.com

Lalu, apa itu informasi? Informasi adalah hasil dari  data yang diproses dan ditransformasikan sehingga memiliki arti bagi penerimanya. Suatu Informasi haruslah up to date bagi penerimanya. Maksud up to date disini adalah suatu informasi tersebut tidak harus berupa informasi yang baru ada, tetapi dapat juga informasi lama yang baru diketahui oleh penerimanya.

Cara dan sumber untuk mendapatkan informasi :

a.       Observasi
Pengamatan atau observasi adalah aktivitas terhadap suatu proses atau objek dengan maksud merasakan dan kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan dan gagasan yang sudah diketahui sebelumnya, untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan untuk melanjutkan suatu penelitian.
b.      Kuesioner
Kuesioner adalah suatu teknik pengumpulan informasi yang memungkinkan analis mempelajari sikap-sikap, keyakinan, perilaku, dan karakteristik beberapa orang utama di dalam organisasi yang bisa terpengaruh oleh sistem yang diajukan atau oleh sistem yang sudah ada.
c.       Kejadian/event
Kejadian dapat berupa pencatatan, perekaman ataupun penangkapan sinyal digital secara langsung.
d.      Pemodelan
Contoh sumber data dari pemodelan yaitu econometric, operational research, simulation, heuristic, dan sebagainya.

Selain informasi harus up to date, informasi juga harus memiliki kualitas yang baik. Berikut karakteristik (kualitas) informasi yang baik :

a.      Timeliness
Informasi harus tepat waktu, tersedi manakala dibutuhkan.
b.      Accuracy
Informasi harus akurat atau teliti.
c.       Reduced Uncertainty
Informasi ketidakpastiannya harus ditekan atau diperkecil.

Informasi disampaikan kepada pengguna (user) dapat direpresentasikan dalam media :
-          Dokumen (kertas/hardcopy)
-          Tampilan (display)
-          Suara (audio)

Informasi yang dibutuhkan manajemen umumnya dalam bentuk laporan. Ada banyak variasi dan tipe laporan antara lain :
a.       Laporan periodik
b.      Laporan indikator kunci
c.       Laporan berdasarkan permintaan (on-call-report)
d.      Laporan khusus
e.       Laporan penyimpang (excection report)

Laporan dapat direpresentasikan dengan berbagai bentuk, antara lain yang umum digunakan :
-          Narasi
-          Tabel
-          Grafik
-          Gambar
-          Dokumen
-          Kombinasi


Sumber :  
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Pengamatan
2. https://alfside.wordpress.com/2008/10/28/pengertian-kuisoner/




Komentar