Perkembangan
teknologi yang semakin maju dijaman sekarang ini membuat kita semakin mudah
untuk mendapatkan dan menyebarkan suatu informasi. Informasi yang didapatkan
atau disebarkan dapat berupa informasi yang positif maupun negatif. Sebagai
pengguna sudah seharusnya kita menyaring mana informasi yang baik untuk kita
konsumsi dan mana yang tidak.
source : wallpapersFIT.com
Lalu, apa itu informasi? Informasi adalah hasil dari data yang diproses dan ditransformasikan
sehingga memiliki arti bagi penerimanya. Suatu Informasi haruslah up to date bagi penerimanya. Maksud up to date disini adalah suatu informasi
tersebut tidak harus berupa informasi yang baru ada, tetapi dapat juga
informasi lama yang baru diketahui oleh penerimanya.
Cara dan sumber untuk mendapatkan informasi :
a. Observasi
Pengamatan atau observasi
adalah aktivitas terhadap suatu proses atau objek dengan maksud merasakan dan
kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena
berdasarkan pengetahuan dan gagasan
yang sudah diketahui sebelumnya, untuk mendapatkan informasi-informasi yang
dibutuhkan untuk melanjutkan suatu penelitian.
b. Kuesioner
Kuesioner
adalah suatu teknik pengumpulan informasi yang memungkinkan analis mempelajari
sikap-sikap, keyakinan, perilaku, dan karakteristik beberapa orang utama di
dalam organisasi yang bisa terpengaruh oleh sistem yang diajukan atau oleh
sistem yang sudah ada.
c. Kejadian/event
Kejadian dapat berupa pencatatan, perekaman
ataupun penangkapan sinyal digital secara langsung.
d. Pemodelan
Contoh sumber data dari pemodelan
yaitu econometric, operational research, simulation, heuristic, dan sebagainya.
Selain informasi harus up to date,
informasi juga harus memiliki kualitas yang baik. Berikut karakteristik (kualitas) informasi yang baik :
a.
Timeliness
Informasi harus tepat waktu,
tersedi manakala dibutuhkan.
b. Accuracy
Informasi harus akurat atau teliti.
c.
Reduced Uncertainty
Informasi ketidakpastiannya harus
ditekan atau diperkecil.
Informasi disampaikan kepada pengguna (user) dapat direpresentasikan
dalam media :
-
Dokumen (kertas/hardcopy)
-
Tampilan (display)
-
Suara (audio)
Informasi yang
dibutuhkan manajemen umumnya dalam bentuk laporan. Ada banyak variasi dan tipe
laporan antara lain :
a. Laporan periodik
b. Laporan indikator kunci
c. Laporan berdasarkan permintaan (on-call-report)
d. Laporan khusus
e. Laporan penyimpang (excection report)
Laporan dapat direpresentasikan dengan berbagai bentuk, antara lain
yang umum digunakan :
-
Narasi
-
Tabel
-
Grafik
-
Gambar
-
Dokumen
-
Kombinasi
Sumber :
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Pengamatan
2. https://alfside.wordpress.com/2008/10/28/pengertian-kuisoner/
Komentar
Posting Komentar